7 Kesalahan Umum Yang Sering Terjadi Bagi Pengguna Parabola Baru


 Assalamualaikum Sobat SPD. Kali ini saya ingin share pengalaman kerja saya yang sering banget terjadi setelah saya pasang parabola dirumah pelanggan. Biasanya hal ini terjadi pada pelanggan yang baru pertama kali pasang parabola. Karena banyak hal baru yang terjadi secara tidak sengaja atau bahkan sengaja. Apa saja kah kejadian tersebut? Yuk langsung cek dibawah.

  1. Tidak Tahu HDMI
    Terkadang bagi pengguna TV LCD/LED mereka masih banyak yang menggunakan kabel RCA(merah kuning putih) yang sering digunakan pada VCD dan DVD. Sehingga saat saya pasang HDMI maka hal tersebut merupakan hal baru bagi pelanggan tersebut. Jadi mereka suka lupa setting AV dan HDMI nya. Berakibat siaran parabolanya tidak bisa muncul. Hal ini bisa diselesaikan dengan cara hubungi teknisinya minta dipandu via video call. Bisa juga sobat tekan diremot tulisan Sumber/source/input/logo kota dengan panah/smart tv cari HDMI atau tulisan HDMI. Silahkan coba pilih HDMI satu persatu mana yg muncul gambarnya.
  2. Scan Channel
    Scan channel memang penting disaat ada informasi update dari provider dan teknisi untuk memperbaharui database channel sobat. Tapi sering juga habis dipasang parabolanya terus langsung coba discan oleh penggunanya tanpa ada informasi dan petunjuk dari teknisi. Sehingga channelnya menjadi berantakan dan sebagian tidak bisa dibuka siarannya. Karena scan channel ini juga harus mengikuti cara yang benar. Solusi memperbaikinya hubungi teknisi atau minta kirim file backup jika sobat bisa upgrade database sendiri.
  3. Merubah Settingan Parabola
    Banyak yang iseng untuk coba otak-atik receivernya dengan merubah settingan satelit dan lainnya sambil berharap bisa mendapatkan satelit baru atau siaran baru. Padahal itu tidak berpengaruh. Malah bisa membuat siaran yg ada menjadi hilang. Karena kalau mau otak atik parabola itu harus dilakukan diparabola outdoor dan receivernya. Tidak bisa hanya di receiver saja. Solusi jika sudah terlanjur. Bisa coba hubungi teknisinya untuk tanyakan settingan sebelumnya seperti apa. Karena setiap parabola dan receiver mempunyai settingan yang berbeda-beda.
  4. Reset Pabrik
    Sering sekali reset pabrik menjadi pilihan ketika receiver parabola sobat tidak muncul siarannya atau sebagian channelnya gelap. Padahal reset pabrik di receiver parabola tidak menjadikan solusi untuk mengembalikan siaran hilang tersebut. Malah akan menambah rumit untuk memperbaiki settingan receivernya. Ini butuh teknisi untuk setting dari awal lagi. Jika ingin coba memperbaiki sendiri bisa cari video panduan di youtube Satelit Parabola Depok.
  5. Memindahkan Parabolanya Sendiri
    Biasanya Saat saya instalasi parabola dirumah pelanggan akan saya konfirmasikan tempat pemasangan terbaiknya disebelah mana. Setelah dapat izin dari pelanggan tersebut langsung kita pasang dilokasi yang sudah ditentukan tadi. Sayangnya ada beberapa orang yang sengaja dipindahkan lokasi parabolanya ketempat lain atau hanya menggeser beberapa meter dari posisi semula. Hal ini bisa menjadi fatal karena akan membuat sinyal parabola tersebut hilang. Akan sulit mengembalikan sinyal parabolanya. Sehingga sobat harus menghubungi teknisi parabola kembali untuk memperbaiki sinyal yang hilang.
  6. Merubah Arah Parabola
    Hal ini terjadi dibeberapa pelanggan yang kalau tim teknisi selidiki. Ternyata pelanggan tersebut ingin coba mendapatkan satelit lainnya. Mengikuti forum atau video youtube. Sayangnya banyak yang gagal saat ingin mengembalikan arah parabolanya ke semula. Jadi memang tidak mudah untuk tracking satelit, Karena gerak 1cm saja dari posisi awal sudah bisa membuat sinyal parabola tersebut hilang. Solusinya hubungi teknisi yg pasang parabola tersebut.
  7. Asal Pencet Remot
    Banyak yang mengkambing hitamkan anak karena hal ini. Diawali rasa penasaran semua fungsi remot akhirnya dipencet satu-satu. Memang ada juga yang tidak sengaja kepencet atau salah pencet sehingga membuat siarannya hilang. Hal ini tidak fatal tapi terkadang bikin repot juga. Karena teknisi umumnya hanya mengetahui fungsi tombol utama saja. Jadi harus dicek satu persatu. Umumnya sih kepencet TV/Radio sehingga channel tv nya hilang. Cukup ditekan tombol yang sama agar siarannya muncul kembali.
Semoga tulisan saya diatas ini bisa berguna dan sobat bisa menghindari kerugian waktu dan materi dari pada kesalahan yang sering terjadi pada pengguna baru parabola mini dan parabola jaring. Jangan lupa kalau mau share tulisan ini bisa sebutkan credit satelit parabola depok yah.

Terimakasih
SPD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar