Cara Mengubah TV Analog ke Digital Tanpa Set Top Box


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahterah untuk kita semua.

Selamat datang kembali di blog kami Satelit Parabola Depok.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara beralih ke TV Digital tanpa STB. Sejak di umumkan pemerintah untuk beralih ke TV digital banyak bermunculan merk STB membanjiri di pasaran tanah air dengan beragam fitur menarik lain. Namun juga  Ini yang selalu menjadi pertanyaan banyak orang bagaimana cara beralih ke Tv digital tanpa STB, atau cara berpindah ke TV Digital tanpa STB. Serta cara pindah TV Analog ke digital tanpa STB.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan dulu bahwa siaran TV analog menggunakan teknologi.Tv analog merupakan sistem penyiaran menggunakan sinyal analog dalam transmisi gambar dan suara menggunakan antena uhf menangkap sinyal dari stasiun pemancar di sekitar. semakin jauh letak stasiun pemancar maka semakin lemah kualitas signal yang di tangkap oleh tv analog.

TV Digital menggunakan modulasi digital berbentuk bit dan data. memiliki resoluasi 16:9 menggunakan frekuensi spektrum radio yang lebih efesien. karena hanya dengan satu saluran analog, televisi digital bisa mentransmisikan lebih dari 5 saluran/kanal.

Jadi cara mengubah TV analog ke digital tanpa set top box itu bisa dibilang hampir mustahil. Walaupun ada cara untuk merubah tv led ke tv digital. Tapi harus mengganti komponen dalam TV LED tersebut. Contohnya kita punya TV LED/LCD yang belum support digital. Terus kita ingin mengubah TV LCD/LED kita menjadi support tv digital tapi tanpa set top box. Maka kita harus membeli Mainboard TV LED/LCD universal yang sudah Support menerima siaran tv digital.

Harga mainboard LCD/LED universal yang sudah support menerima siaran tv digital saya cari di tokopedia ada dari mulai harga Rp 270ribuan. Link Produknya bisa lihat klik disini . Setelah saya cek sepertinya belum ada port hdmi. Biasanya memang yang ada port hdmi nya lebih tinggi lagi harganya. Jadi menurut sobat lebih worth it membeli STB TV Digital yang harganya kurang lebih Rp 200ribuan atau mengganti mainboard tv sobat dengan yang support digital?

Demikian pendapat dari saya, jadi walaupun bisa ternyata butuh usaha juga untuk membeli mainboard tv LED yang support digital. Belum lagi kalau kita tidak bisa merakitnya. Jadi harus bayar lagi biaya untuk teknisi servis tv kita. Sehingga saran ya lebih simpel beli STB TV Digital Saja. Saya berikan list rekomendasi STB yang sudah pernah kita review di Youtube Satelit Parabola Depok.

STB Tanaka DVB T2 Body Plastik 

STB Tanaka DVB T2 Body Besi 

STB Tanaka DVB T2 New Oval

STB Tanaka DVB T2 Sniper 

STB DVBT2 Matrix APPLE HD Merah HD

STB DVBT2 Matrix APPLE DVB2IP APPLE Merah HD 

STB DVB T2 Luby 

STB DVB T2 Evinix 

Terima Kasih 

Salam sobat SPD 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software STB Matrix Apple Merah HD V2.7.2 2024

Update Frekuensi K-Vision Ku Band Measat 3B Terbaru 2024

Cara Mining Verus Coin Pakai HP Android Tanpa Root 2024