Mengatasi Parabola Mini Hilang SInyal Saat Mendung dan Hujan


Assalamualaikum Sobat Semua...
Kali ini saya akan membahas masalah parabola mini yang hilang sinyal saat cuaca hujan. Apakah ada solusinya?

Jadi ada banyak faktor yang membuat parabola mini tersebut menjadi hilang sinyal. Terutama Parabola mini jenis Ku Band. Karena memang pada dasarnya, Satelit dengan teknologi Ku Band ini di disain untuk bisa di tangkap sinyalnya menggunakan parabola mini bahkan saya pernah coba dengan ukuran 35cm pun bisa mendapatkan sinyal yang cukup baik tanpa mengurangi kualitas gambar yang diterima.

Namun, kelebihan dari satelit jenis kuband ini tetap memiliki kekurangan yang mungkin bagi sebagian orang bisa membuat kurang nyaman. Yaitu hilang sinyal saat mendung gelap dan hujan lebat. Walaupun sebenarnya sangat beresiko juga menyalakan TV saat kondisi hujan deras apalagi disertai petir. Karena Petir dapat merusak perangkat elektronik saat kondisi aktif walaupun hanya terkena imbasan petirnya saja.

Jadi kalau ada cara mengatasi parabola mini hujan hilang sinyal jangan di percaya ya Sob. Dibawah ini saya tuliskan kelemahan dan kelebihan dari masing-masih teknologi satelit yang ada sampai saat ini :

Satelit Ku Band
Kelebihan : Sinyal kuat hingga bisa di tangkap menggunakan parabola mini, tidak membutuhkan tempat luas, bisa di pasang dimana saja seperti kontrakan, kosan, asbes, genteng, seng dan lainnya.
Kekukarangan : Tidak tahan terhadap cuaca hujan lebat dan mendung tebal
Catatan : kalau di lokasi kita cerah tapi hilang sinyal, bisa jadi parabola utama(uplink) milik Provider sedang terjadi hujan lebat dilokasi tersebut. Sehingga provider tidak bisa mengirimkan siaran ke satelit.

Satelit C Band
Kelebihan : Tahan segala cuaca
Kekurangan : Parabola berukuran 6-7feet(210cm) Sehingga membutuhkan tempat yang luas terutama dak atau coran yang kuat sebagai pondasi. Bisa tertganggu sinyal operator HP(BTS) dan sinyal Wifi outdoor)
Catatan : Saat kondisi hujan lebat hanya mengurangi sinyal parabola

Satelit S Band
Kelebihan : Sama seperti kuband Sinyal kuat hingga bisa di tangkap menggunakan parabola mini, tidak membutuhkan tempat luas, bisa di pasang dimana saja seperti kontrakan, kosan, asbes, genteng, seng dan lainnya. Tapi juga tahan segala cuaca mendung dan hijan.
Kekurangan : Bisa tertganggu sinyal operator HP(BTS) dan sinyal Wifi outdoor) juga terganggu oleh beberapa kendaraan 2 tak dan mesin apapun yang terkadang frekuensinya bisa mengganggu frekuensi parabola. Biasanya mesin jadul yang masih menggunakan bahan platina.

Sebenernya masih ada satu jenis satelit lagi yaitu L Band tapi silahkan cari sendiri yah. Karena sudah terlalu panjang pembahasannya.

Semua teknologi satelit tersebut mempunyai sistem yang berbeda dan frekuensi yang berbeda juga satelit yang berbeda. Maka saya sebagai tukang parabola jika ada yang minta parabola mini agar tahan cuaca itu di luar kuasa saya. Silahkan minta ke opratornya masing2 yah. Kali aja mereka bisa membuat satelit termahal dan tercanggih yang bisa tahan cuaca.

Intinya seluruh parabola mini merk tranvision, ninmedia, mola matrix, bigtv, orange tv, astro, nexparabola dan lainnya akan hilang sinyal saat mendung dan cuaca hujan lebat. Kecuali mncvision.

Terimakasih
Satelit Parabola Depok

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali mas hendar artikel ini, teri maksih atas infonya...
    https://www.teknisiparabola.com/2019/11/sukses-menjadi-teknisi-parabola.html

    BalasHapus
  2. Saya liat di youtube
    Kata anda parabola besar / kecil menggunakan ku band hilang sinyal saat hujan.

    Saya punya teman, katanya sinyal aman saat hujan menggunakan dish solid 8 feet ku band

    Dan menurut pemikiran saya. Kalau dish kecil/besar sama saja. Kenapa stasiun pemancarnya menggunakan dish yg sangat besar. Meskipun saya belum mempraktekkannya sendiri. Tp menurut saya. Aman menggunakan dish besar saat hujan.

    BalasHapus