Berakhirnya Masa Aktif Satelit Palapa D


Assalamualaikum Wr. Wb.
Semoga Sobat dalam keadaan sehat semua yah. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi Satelit Palapa D milik PT Indosat yang diluncurkan tanggal 31 Agustus 2009. Sebentar lagi akan digantikan oleh satelit Palapa Nusantara Dua di orbit yang sama dengan Palapa D yaitu 113 derajat bujur timur.

Targetnya Indosat ooredoo menyelesaikan peluncuran satelit palapa nusantara dua pada bulan Mei 2020. Walaupun mereka akan menggunakan seamless migration process yang seharusnya tidak terlalu dirasakan oleh pelanggan. Tapi itu pelanggan siapa? komunikasi seluler kah? atau pelanggan Parabola?

Menurut saya, melihat dari sejarah pergantian satelit seperti telkom 3s dan telkom 4 saja tergolong rumit. Karena pengguna parabola harus beberapa kali merubah posisi parabola maupun posisi LNB nya. Karena saat Telkom 1 berhenti beroprasi, sebagian chanel pindah ke satelit Palapa D yang harus discan dulu frekuensinya baru bisa muncul channelnya. Kemudian sebagian berpindah-pindah transpondernya. Sehingga pelanggan yang tidak mengerti cara scan parabolanya akan sangat terganggu dengan perpindahan transponder channel ini.

Kemudian dari palapa d terus sebagian channel pindah ke telkom 3s selama beberapa bulan dan tiba-tiba pindah lagi ke Telkom 4. Dimana semua ini butuh merubah arah posisi parabola dan LNB di parabolanya. Repot kalau pengguna pararabola yang tidak paham dengan parabolanya harus terus-terusan manggil teknisi. Dan kita sebagai teknisipun tidak enak juga kalau sering bolak-balik kerumah user untuk servise.

Saya menyarankan Sobat teknisi dan pengguna Parabola untuk Update info mengenai masa berakhirnya satelit Palapa D ini yang akan digantikan oleh Satelit Palapa Nusantara dua pada bulan Mei 2020 nanti. Sehingga tidak terjadi miss komunikasi antara teknisi dan user. Sebaiknya teknisi menjelaskan dulu hal ini agar nantinya user tidak komplain saat terjadi migrasi satelit.

Untuk Pemasangan parabola Baru Palapa Telkom dan Servise Palapa Telkom kalau bisa ditunda dulu menunggu satelit Palapa Nusantara Dua sudah mulai beroprasi. Meminimalisir komplain dari user. Tapi kalau Usernya sudah dijelaskan dan mau menerima kondisinya yang sudah dijelaskan. Teknisi pun bisa tenang untuk pasang parabolanya.

Jika Sobat SPD berkenan untuk menyebarkan informasi penting ini bisa dengan cara share video Youtube diatas ke pelanggan atau ke media sosial.

Terimakasih
Admin SPD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar