Tips Membeli Barang Facebook Supaya Tidak Tertipu


Assalamualaikum Sob.
Sampai saat ini saya masih sering melihat setiap bulannya ada yang tertipu belanja online melalui Facebook dengan melakukan transaksi secara langsung. Padahal Modus penipuan yang dilakukan dengan Pola yang sama, yaitu dengan cara mengkloning akun facebook juragan besar yang memang sudah lama jualan Produk tersebut. Dalam hal ini saya membahas Produk receiver dan perangkat parabola.

Mungkin karena setiap bulannya banyak pengguna parabola baru yang baru bergabung ke grup facebook parabola. Kemudian tergiur dengan penawaran harga perangkat parabola yang dijual murah. Jadi dalam Blog SPD akan saya berikan Tips dan Trick belanja Online di Facebook dengan Aman dan nyaman.

Ciri-ciri Modus Kejahatan penipuan di Facebook :

  1. Menawarkan dengan harga dibawah standar harga jual umumnya
  2. Akun Facebook nya terbilang masih baru umurnya
  3. Selalu meminta transaksi secara langsung yaitu kirim ke rekening pelaku
  4. Setelah korban transfer akan langsung di block dari FB dan WA
  5. Biasanya dalam beraksi bisa ganti-ganti Profil dan Nama FB
  6. Suka mengambil Foto dagangan juragan besar
  7. Suka mengkloning Akun juragan Besar
  8. 2020 ini mereka tidak menyamar akun juragan besar jadi hati-hati terhadap akun baru
  9. Jarang melakukan Posting di grup atau komen di FB
  10. Teman FB nya masih ratusan. kalau Juragan Parabola biasanya sudah ribuan
Tips menghindari penipuan Online di Facebook :
  1. Hindari membeli produk dengan harga tidak wajar, karena setiap distributor jika menjual harga dibawah harga disarankan itu bisa kena pinalty dan diputus dari kerjasama Mitra.
  2. Cari penjual Rekomendasi dari menanyakan di status grup dan tanyakan rekan yang pernah belanja di FB secara langsung.
  3. Jangan transaksi secara langsung ke rekening penjual jika baru satu kali transaksi. Kecuali jika sudah langganan silahkan saja.
  4. Minta Link Penjualan Market Place seperti tokopedia bukalapak dan Shoppe. Jika ingin membeli produknya agar transaksi aman.
  5. Cek Profil Facebooknya dan lihat hystori beranda FB nya. Karena Penipu biasanya umur FB nya baru beberapa bulan saja. Mereka bisa menyiapkan banyak akun FB untuk mencari mangsa setiap bulannya.
  6. Penipuan bisa berupa jual receiver bekas harga murah, Receiver parabola dan apapun yang sedang trend penjualannya saat ini.
  7. Saat melakukan Transaksi secara langsung biasanya Nama Rekeningnya berbeda dengan dengan nama FB nya. Jangan diteruskan Transaksinya.
  8. Jangan kirim foto KTP kita jika Penjual Modus untuk alasan registrasi aktivasi atau apapun itu.
  9. Cek harga umum di market place sebelum tergiur harga murah yang ditawarkan melalui FB.
  10. Jika sudah terlanjur tertipu segera lapor ke pihak berwajib dan ke bank. ada beberapa kasus yang transfernya bisa dikembalikan setelah semua bukti screenshoot diberikan. Tidak semua yah. Kalau bisa sebelum 24 Jam. Selama uang pelaku masih di rekeningnya.
Semoga bermanfaat dan bisa mengurangi tindak kejahatan penipuan di FB.
Terimakasih
Admin SPD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar