Cara Mengembalikan Channel TV Digital Yang Hilang


 Jika Sobat mengalami kendala channel tv digital hilang, ini bisa disebabkan beberapa kondisi. Kondisi umumnya saat ini dikarenakan sedang dalam proses ASO berjalan disetiap wilayah. Sehingga menyebabkan pengaturan ulang MUX frekuensi channel tv digital. Misalnya MUX ANTV di Frekuensi 28 berubah menjadi 40. Maka Set Top Box Sobat tidak bisa menampilkan channel ANTV pada Frekuensi lama di 28. Solusinya akan saya berikan dibawah ini..

1. SCAN ULANG TV DIGITAL
    Tekan MENU pada remot SET TOP BOX(STB)/ Remot TV Digital(jika tv sudah digital)
    Pilih PENCARIAN
    Pilih PENCARIAN OTOMATIS/SCAN OTOMATIS
 
  Pilih YA/YES dan tunggu sampai proses scan selesai

2. PERIKSA JACK ANTENA TV
   
Biasanya Jack antena tv standar di harga  Rp 3000-5000 itu terbuat dari plastik dan besi dengan per dibelakangnya. Jack TV ini mudah sekali lepas dan patah. Jadi disarankan untuk diperiksa apakah masih terpasang dengan baik. Wajib dibongkar dulu JACK TV nya untuk melihat sambungannya. Saya sarankan ganti dengan yang model Drat F5. Seperti yang pernah saya buatkan video cara pasangnya di youtube satelit parabola depok.

3. PERIKSA KABEL ANTENA TV
    Coba lihat kabel antena dari belakang STB hingga antena tv. Jika ada sambungan coba dibuat ulang sambungan antenanya. Sebaiknya tidak sambungan pada antena tv agar hasil sinyalnya tetap maksimal. Karena sambungan kabel mengurangi sinyal yang didapatkan. Beberapa kejadian saat saya tugas dilapangan, saya menemukan kabel putus karena di gigit tikus. Ada juga yang kabelnya kena peralatan tukang saat renovasi rumah. Sehingga kabelnya rusak.

4. PERIKSA ANTENA TV DIGITAL
   
Banyak terjadi juga dilapangan ketika saya memperbaiki antena tv yang hilang sinyal, disebabkan arah antenanya berubah. Ada juga yang ternyata posisi antenanya jatuh karena hujan angin. Kabel Jack yang terhubung ke antena juga pernah ada yang kemasukan air hujan. Ada juga yang jadi sarang semut di antena tv nya. Sehingga merusak sirkuit antena dan merusak koneksi kabel ke antena. Namun kalau antena sobat saat ini tidak bisa mendapatkan banyak channel walau kondisinya masih bagus. Saya sarankan mengganti antena tv nya dari indoor menjadi outdoor. Jika sudah outdoor silahkan tambah ketinggian pada antena tv nya.

5. JASA TEKNISI ANTENA TV DIGITAL
   
Saat semua langkah diatas sobat sudah lakukan dan masih belum bisa dapat solusi. Bisa menggunakan Jasa Teknisi antena tv digital dari Satelit Parabola Depok. whatsapp SPD 085778008398.

Terimakasih
SPD

    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software STB Matrix Apple Merah HD V2.7.2 2024

Cara Mining Verus Coin Pakai HP Android Tanpa Root 2024

Update Frekuensi K-Vision Ku Band Measat 3B Terbaru 2024